Sabtu, 02 November 2013

Sumatera Utara Jadi Pusat Pengolahan Aluminium




Npm: 14211247
Nama: Mahdi Muzakar
Kelas: 3EA07
Tugas: 5

Sumatera Utara Jadi Pusat Pengolahan Aluminium
Pemerintah akan menjadikan Provinsi Sumatra Utara sebagai klaster aluminium terbesar di Indonesia, menyusul telah diambilnya 100 persen saham Inalum dari Jepang oleh pemerintah.

Menteri Perindustrian MS Hidayat, klaster aluminium itu akan mampu menyuplai kebutuhan dalam negeri. Sejauh ini Inalum menjadi produsen aluminium terbesar di Asia Tenggara.

"Ada keinginan pemerintah nantinya akan melakukan ekspansi. Pemerintah ingin menjadikan Sumatra Utara menjadi sebuah klaster aluminium dimana proses hilirisasi, downstream dari industri ini bisa berlangsung di sana," terang Hidayat dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jumat (1/11/2013).

Memperin menjelaskan, bila selama ini pemerintah mengekspor aluminium dan pengolahannya dilakukan di Jepang dan negara lainnya, nantinya, pemerintah ingin pengolahan aluminium akan dilakukan di Indonesia yakni di Sumut.

Inalum menjadi satu pabrik smelter yang mempunyai kapasitas produksi sebesar 250.000 ton Ingot Aluminium per tahun. Ia mengatakan untuk redaksi kompas, dengan produksi tersebut maka Inalum menjadi penghasil aluminium pertama dan terbesar di Asia Tenggara sampai saat ini. Ia berharap Inalum sanggup mensuplai kebutuhan aluminium dalam negeri dan eskpor.

1.     Kesalahan struktur
Pamerintah akan menjadikan Provinsi Sumatera Utara sebagai klaster aluminium terbesar di Indonesia, menyusul telah diambilnya 100 persen saham Inalum dari Jepang oleh pemerintah.
-subjek (pelaku) dari kalimat aktif: Pamerintah
-predikat pasif: Provinsi Sumatera Utara sebagai klaster aluminium terbesar di Indonesia

2.     Subjek dan keterangan
- Ia mengatakan untuk redaksi kompas, dengan produksi tersebut maka Inalum menjadi penghasil aluminium pertama dan terbesar di Asia Tenggara sampai saat ini.
* Ia mengatakan kepada redaksi kompas, dengan produksi tersebut maka inalum menjadi penghasilan aluminium pertama dan terbesar di Asia Tenggara sampai saat ini.
- Ia berharap Inalum sanggup mensuplai kebutuhan aluminium dalam negeri dan eskpor.
* Ia berharap kepada Inalum sanggup mensuplai kebutuhan aluminium dalam negeri dan eskpor.
3.     pengantar kalimat dan predikat
 - Menteri Perindustrian MS Hidayat, klaster aluminium itu akan mampu menyuplai kebutuhan      dalam negeri. Sejauh ini Inalum menjadi produsen aluminium terbesar di Asia Tenggara.
* Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, klaster aluminium itu akan mampu menyuplai kebutuhan dalam negeri. Sejauh ini Inalum menjadi produsen aluminium terbesar di Asia Tenggara.
4.    Kalimat majemuk setara dan majemuk bertingkat 
- Memperin menjelaskan, bila selama ini pemerintah mengekspor aluminium dan pengolahannya dilakukan di Jepang dan negara lainnya, nantinya, pemerintah ingin pengolahan aluminium akan dilakukan di Indonesia yakni di Sumut.
* Memperin menjelaskan, meskipun selama ini pemerintah mengekspor aluminium dan pengolahannya dilakukan di Jepang dan negara lainnya, tetapi nantinya, pemerintah ingin pengolahan aluminium akan dilakukan di Indonesia yakni di Sumut.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/11/01/1821236/Sumatra.Utara.Jadi.Pusat.Pengolahan.Aluminium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar